TOYOTA GAZOO Racing Berhasil Meraih Podium Juara ke-2 1000 Miles of Sebring

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) memulai FIA World Endurance Championship (WEC) 2022 dengan finish di podium ke-2 1000 Miles of Sebring yang penting dan akhirnya membuat frustrasi, sehingga harus selesai lebih awal karena badai petir.

Rekor kemenangan 100% GR010 HYBRID Hypercar berakhir di awal musim kedua kompetisi. Sébastien Buemi, Brendon Hartley dan Ryo Hirakawa meraih podium juara kedua setelah pertempuran yang gagah berani menggunakan GR010 HYBRID #8.

Juara Dunia Mike Conway, Kamui Kobayashi dan José María López tidak melihat bendera kotak-kotak setelah kecelakaan sehingga membuat GR010 HYBRID #7 keluar dari balapan, pertama kalinya mobil itu gagal melanjutkan lomba sejak Le Mans 2017.

Kualifikasi yang sulit membuat GR010 HYBRID berada di grid yang tidak biasa, dengan Sébastien memulai dari posisi keempat dan Kamui di posisi ketujuh.

Namun itu tidak berlangsung lama. Dalam empat putaran, Sébastien naik ke posisi ketiga dengan Kamui tepat di belakang, bergabung dengan pertarungan all-Hypercar untuk podium juara.

Ketika kedua GR010 HYBRID melakukan pit stop pertama mereka untuk pengisian bahan bakar, pimpinan diambil alih oleh Glickenhaus. Sébastien yang berada di posisi kedua memimpin pengejaran Alpine dengan Kamui mengikuti di posisi #7.

Saat balapan memasuki jam keempat, José sempat menutup jarak dengan Brendon, dan pada lap 104 menyalip untuk naik ke posisi kedua.

Tetapi menghadapi defisit Balance of Performance untuk kompetisi, GR010 HYBRID tidak memiliki kesempatan untuk menantang pemimpin lomba.

Pertengahan jam keempat, balapan berubah. José bertabrakan dengan mobil GT dan membuat kontak dengan pembatas ban.

Dia berusaha membawa mobil yang rusak kembali ke pit, tetapi menabrak pembatas ban beberapa tikungan kemudian. Meskipun untungnya dia bisa meninggalkan mobil tanpa bantuan dan tanpa cedera.

Perlombaan itu ditandai bendera merah selama 34 menit yang terbukti tidak menguntungkan untuk mobil #8. Brendon harus melakukan penghentian bahan bakar darurat selama safety car restart sebelum pit stop penuh segera setelah balapan dilanjutkan satu putaran kemudian.

Ryo mengambil alih mobil #8 untuk membuat debut dalam lomba balap ketahanan dunia atau WEC 2022.

Dia menyelesaikan tugas ganda yang mengesankan untuk memperpanjang keunggulan mobil #8 atas Glickenhaus yang berada di posisi ketiga sebelum Sébastien mengambil alih kemudi untuk tugas terakhir, yang dimulai dengan bendera kuning penuh karena ada puing-puing di trek.

Dengan lebih dari satu jam tersisa, ancaman petir menyebabkan bendera merah. Meskipun ada upaya untuk memulai kembali di belakang safety car, balapan tidak pernah dilanjutkan.

Musim 2022 berlanjut ke Eropa, dengan pertarungan 6 Jam di Spa-Francorchamps Belgia pada 7 Mei.

Leave a Comment

Your email address will not be published.