Dimulai dari 1.000 Miles of Sebring, TOYOTA GAZOO Racing Siap Mempertahankan Gelar Juara Dunia WEC 2022

TOYOTA GAZOO Racing (TGR) akan mempertahankan gelar FIA World Endurance Championship (WEC) 2022 menggunakan GR010 HYBRID Hypercar.

Ajang balap ketahanan dunia tahun ini akan dimulai dengan 1.000 Miles of Sebring di Florida, Amerika Serikat, di mana Fujitsu Limited dan JFE Steel akan bergabung sebagai mitra.

Musim debut yang sukses pada tahun 2021 membawa hypercar bertenaga hybrid 700 PS memenangkan Le Mans 24 Hours dan gelar juara dunia pembalap dan konstruktor.

GR010 HYBRID kembali beraksi untuk enam balapan musim WEC 2022 dengan TGR bertekad untuk mempertahankan mahkota juara tersebut.

GR010 HYBRID spesifikasi 2022 akan menggunakan ukuran ban dan roda yang berbeda dibandingkan pendahulunya.

Di bagian depan, pelek RAYS magnesium alloy 12,5 x 18 inci akan menahan ban Michelin 29/71-18, sementara di belakang karet bundar 34/71-18 dipasang pada pelek 14 x 18 inci.

Sebagai hasil dari perubahan ini, modifikasi kecil diperlukan pada bodywork untuk menjaga aliran udara tetap berada dalam aturan aerodinamika, yang paling terlihat adalah pelat ujung belakang yang diperbesar dan sirip penutup mesin.

Sementara GR010 HYBRID pada dasarnya tetap tidak berubah di bawah bodinya. Pengaturan mesin 3.500 cc telah disesuaikan untuk mengakomodasi 100% bahan bakar terbarukan anyar yang diperkenalkan ke WEC untuk 2022.

Bahan bakar baru, terbuat dari residu anggur dan bahan pertanian, mengurangi emisi CO2 setidaknya 65% dan berkontribusi pada upaya berkelanjutan untuk meningkatkan performa olahraga balap.

Struktur Manajemen TGR Baru

Selain penyesuaian mobil untuk musim baru, TOYOTA GAZOO Racing juga mendapat manfaat dari struktur manajemen yang direvisi.

Di Sebring, Kamui Kobayashi akan berpartisipasi dalam balapan pertamanya dalam peran ganda barunya, sebagai Kepala Tim dan driver GR010 HYBRID #7, bersama sesama Juara Dunia Mike Conway dan José María López.

Kazuki Nakajima memulai perannya sebagai Wakil Ketua di TOYOTA GAZOO Racing Europe, basis operasional tim WEC, pada Januari setelah pensiun sebagai pembalap.

Dia akan mendukung operasi tim di balapan, serta membimbing Ryo Hirakawa yang bergabung dalam barisan #8 bersama Sébastien Buemi dan Brendon Hartley.

Ryo, yang berlaga di kelas LMP2 di Le Mans pada 2016 dan 2017, siap untuk musim WEC pertamanya setelah persiapan yang komprehensif di tes dan simulator mengemudi.

Tantangan tim di WEC ditingkatkan musim ini oleh dua mitra baru, Fujitsu dan JFE Steel, yang logonya akan ditampilkan dengan jelas di GR010 HYBRID dan pakaian pembalap.

TGR menyambut Fujitsu dan JFE Steel, dan mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua mitra yang loyalitasnya sangat penting untuk kesuksesan di WEC.

Siap Mengulang Sukses WEC 2019

Musim 2022 secara resmi dimulai dengan tes prolog dua hari pada 12-13 Maret, yang merupakan pertama kalinya bagi GR010 HYBRID untuk dipakai di Sebring International Raceway sejauh 6.019 km, tempat kelahiran bersejarah balap mobil AS.

Race week merupakan festival sesungguhnya dari balap ketahanan, ketika seluruh peserta berkumpul di bekas lapangan terbang militer untuk menikmati balapan WEC delapan jam pada Jumat malam.

Diikuti pada hari Sabtu dengan Mobil 1 Twelve Hours of Sebring ke-70 yang legendaris, bagian dari seri IMSA yang berbasis di AS.

Satu-satunya kunjungan TOYOTA GAZOO Racing ke Sebring terjadi pada tahun 2019, ketika Sébastien, Kazuki dan Fernando Alonso meraih kemenangan, bersama Mike, Kamui dan José menyelesaikan satu-dua untuk HYBRID TS050.

Tim menargetkan pengulangan hasil itu untuk membuat awal yang sempurna untuk musim 2022.

Leave a Comment

Your email address will not be published.