DEVELOP TOYOTA AGYA 1200 TRD

DEVELOP TOYOTA AGYA 1200 TRD

Toyota Agya adalah mobil kota yang dirancang oleh Daihatsu dengan “basic platform” “Daihatsu Miraes” dan “Toyota Pixis Epoch” (Jepang) pada September 2011 kemudian dikembangkan kembali dan diproduksi di Indonesia untuk pasar domestik. Daihatsu merancang dan memproduksi mobil ini, yang kemudian dijual sebagai Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Daihatsu memasok mobil ini untuk Toyota di bawah konsinyasi produksi dan perjanjian manufaktur OEM. Mobil ini ditampilkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2012. Penjualannya sudah dimulai sejak diluncurkan tanggal 9 September 2013 karena sudah melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) dari pemerintah. Nama “Agya” diambil dari kata Sanskerta, yang berarti “cepat”.

Agya dan Ayla adalah jawaban dari Astra, Toyota dan Daihatsu untuk rencana pemerintah Indonesia dari aturan LCGC. Agya dan Ayla menggunakan mesin sama yang digunakan oleh Toyota Aygo, Peugeot 107 dan Citroen C1. Perbedaan Agya dan Ayla adalah fasia depan, emblem, fitur, dan varian. Pada bulan Juli 2013, Toyota Filipina mengumumkan bahwa mereka akan mengimpor Agya pada bulan Desember untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage. Mobil ini akan menggunakan nama yang berbeda untuk pasar Filipina. Bulan Januari 2014, diumumkan nama yang dipakai adalah “Wigo”.

Versi facelift dari Agya dan Ayla diluncurkan pada tanggal 7 April 2017. Di versi facelift ini, Agya dan Ayla tersedia dalam pilihan mesin 1000cc 1KR-VE (digunakan di Agya saja) dan 1200 cc 3NR-VE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Calya dan Sigra, sedangkan untuk Ayla dalam pilihan mesin 1000cc masih menggunakan mesin yang sama dengan Ayla yang sebelumnya.

Related Post