FAQ

Frequently Asked Questions

Company

maintenance

vehicle

 
  • Proses STNK
    Secara garis besar, proses pembuatan STNK melibatkan beberapa pihak antara lain Dealer, Main Dealer, TAM, Bea Cukai & Kepolisian. Dealer, Main Dealer & TAM mempunyai peran untuk mengajukan proses pembuatan STNK kepada pihak pemerintahan [Kepolisian & Bea Cukai] dan mengeluarkan faktur. Untuk proses STNK selanjutnya diselesaikan oleh pihak diluar Toyota.
  • Apakah terdapat perbedaan proses antara kendaraan CBU & Non CBU?
    Dalam proses pembuatan STNK terdapat perbedaan proses untuk mobil CBU [Completely Build Up] seperti Camry, Altis, Vios, Fortuner Diesel, Yaris dimana kendaraan tersebut membutuhkan waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan kendaraan Non CBU seperti Kijang Innova, Avanza, Rush karena harus ada pengurusan di area Bea Cukai dan pembuatan Form A yang dikeluarkan dari Bea cukai tersebut.
  • Kenapa proses pembuatan STNK yang saat ini berjalan membutuhkan waktu yang lebih panjang terutama yang CBU?
    Adanya keterkaitan data dan proses dengan pemerintah [Bea Cukai, Pajak & Kepolisian] membuat proses pembuatan STNK menjadi lebih lama.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Toyota untuk proses pembuatan STNK?
    Toyota tidak mempunyai waktu standar penyelesaian proses STNK karena seperti informasi yang kami sampaikan sebelumnya bahwa proses pembuatan STNK melibatkan beberapa pihak antara lain pihak Toyota [Dealer, Main Dealer & TAM] serta pihak diluar Toyota [Bea Cukai & Kepolisian] sehingga untuk proses penyelesaian STNK yang berada diluar dari pihak Toyota cukup sulit untuk dikontrol.
  • Sebagai gambaran saja, berapa lama waktu yang dibuthkan dalam proses pembuatan STNK pada kendaraan baru Toyota?
    Sebagai gambaran umum [tidak untuk dijadikan patokan], waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan untuk kendaraan Non CBU sekitar ±15 hari kerja dan ±30 hari kerja untuk kendaraan CBU.
  • Kendaraan sudah saya terima selama 1 bulan dan berdasarkan acuan yang disampaikan oleh Toyota, waktu pembuatan STNK yang dibutuhkan adalah 30 hari kerja, kenapa sampai dengan saat ini belum ada kabar mengenai kejelasannya?
    Kami mohon maaf atas keterlambatan proses pembuatan STNK yang terjadi, sehubungan dengan hal tersebut kami akan melakukan pengecekan kepada pihak-pihak yang terkait untuk mengetahui proses pembuatan STNK kendaraan Bapak/Ibu.
  • Berapa lama lagi saya harus menunggu?
    Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dan kami mohon waktu kepada Bapak/Ibu, dalam waktu dekat kami akan segera memberi kabar ke Bapak/Ibu untuk menjelaskan progress atas proses pembuatan kendaraan Bapak/Ibu.
  • Apakah tindakan dari Toyota untuk mempercepat proses pembuatan STNK saya?
    Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa untuk penyelesaian proses STNK dilakukan oleh pihak diluar dari Toyota sehingga sulit untuk dipastikan untuk waktu penyelesaiannya, namun kami akan berusaha untuk mempercepat proses pembuatan STNK Bapak/Ibu mengingat Bapak/Ibu adalah pelanggan kami dan kami akan berusaha untuk mempercepat proses pembuatannya, maka dari itu kami mohon waktu terlebih dahulu untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.
  • Apakah Toyota akan bertanggung jawab terhadap proses pembuatan STNK kendaraan saya?
    Toyota tetap bertanggung jawab atas penyelesaian proses STNK Bapak/Ibu, yaitu dengan memastikan proses pembuatan STNK Bapak/Ibu dapat selesai.
 
 
  • Dimanakah Toyota NAV1 diproduksi?
    Toyota NAV1 merupakan CKD (Completly Knock Down) di Indonesia.
  • Bagaimana sistem penjualan Toyota NAV1?
    Sistem penjualan yang berlaku saat ini adalah dengan sistem pembelian tunai atau kredit.
  • Siapa pesaing utama Toyota NAV1 di pasaran otomotif Indonesia?
    Hyundai H1, Nissan Serena, Mazda Biante